Bacaan Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan Sesuai Sunnah

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan Sesuai Sunnah - Bulan ramadhan  adalah merupakan bulan suci bagi ummat Islam, karena didalamnya banyak mengandung hikmah dan barokah yang telah Alloh janjikan untuk setiap Umat Islam yang benar-benar tunduk dan patuh menjalankan segala amalan yang telah Alloh perintahkan, dengan kepatuhannya kita melaksanakan amalan-amalan pada bulan ramadhan Alloh akan melipat gandakan fahalanya ketimbang bulan bulan yang lainnya.

Dengan hal tersebut bagi kita sebagai umat islam yang ingin mendapatkan fahala dari Alloh SWT, maka harus sungguh-sunguh menghormati dan menyambutnya atas kedatanga bulan ramadhan, dengan berbagi macam kegiatan keagamaan dan jadikanlah kesempatan bulan ramadhan ini untuk mensucikan dan mendekatkan diri kepada Alloh SWT  karena datangnya bulan suci ramadhan itu hanya sekali dalam setahun, ramadha yang akan datang lain lagi dengan ramadhan yang sekarang.

Bulan ramadhan adalah bulan kesembilan dalam hitungan tahun hijriyyah, yang mana pada bulan ini umat islam diwajibkan untuk melaksanakan puasa sebulan lamanya, namun sebelum kita melaksanakan puasa banyak amalan amalan yang sunnah yang harus kita amalkan agar supaya ibadah puasa kita mendapat kesempurnaan sesuai dengan tuntunan ajaran islam sebagai mana rosululloh ketika memasuki bulan ramadhan selalu membaca doa menyambut ramadhan dan melaksanakan 16 macam kegiatan seperti yang tercantum di bawah ini:.

Adab Menyambut Bulan Suci Ramadhan Sesuai Sunnah


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ (58) [يونس/58]


“Sampaikanlah (wahai Nabi Muhammad), bersama karunia Allah dan Rahmat-Nya, hendaknya bersama itu mereka bergembira. Karunia Allah dan Rahmat-Nya itu yaitu lebih baik dari apa mereka yang kumpulkan (dari harta benda).(Yunus : 58)

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang mana keberkahan itu bisa kita miliki kalau kita rajin dan sungguh sungguh dalam melaksanakan amal kebaikan baik wajibnya atau pun yang sunnahnya.

Sebagai mana rosululloh SAW setiap kali bertemu dengan bulan ramadhan beliau selalu:
1. Menyaksikan Hilal sambil membaca do’a

 اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِغْنَا رَمَضَانَ


 "Alloohumma baariklanaa fii Rojaba wa Sya'ban, waballighnaa Romadhon"

Artinya : "Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

Diwaktu Rasulullah saw, menyaksikan Hilal Ramadhan, Ia menghadapkan wajahnya ke arah kiblat sambil membacadoa :

“ Ya Allah! Berilah daku keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yg besar, kekebalan dari penyakit dan kebolehan buat menunaikan sholat, puasa, menghidupkan malamnya dan membaca Al Quran. Ya Allah! Berilah daku keselamatan di bln Ramadhan. Terimalah seluruhnya ibadah puasaku dan ibadah-ibadah yang lain di bln Ramadha, maka bila Ramadhan berlalu dariku, Engkau sudah memaafkan dan mengampuni dosa-dosaku.”

“ Segala pujian dan sanjungan untuk Allah semata, yg sudah membuat daku dan engkau, dan sudah menetapkan kedudukanmu juga sudah menjadikanmu (bln Ramadhan) juga sebagai disaat bagi manusia (buat beramal). Ya Allah, anugerahkanlah padaku sebuah anugerah yg diberkati. Ya Allah, curahkanlah padaku keselamatan, kesejahteraan, keyakinan, keimanan, kebajikan, ketaqwaan, bantuan, dan kesuksesan memperoleh apa-apa yg Kau cintai dan ridhoi.”

2. Membaca do’a menyongsong bln Ramadhan

Waktu memasuki tengah malam pertama Ramadhan, Rasulullah saw, membaca do’a :
“ Ya Allah, sesungguhnya bln Ramadhan sudah tiba. Wahai Tuhan Pemilik Bln Ramadhan. Engkau sudah menurunkan Al Qur’an di dalamnya, dan sudah menjadikannya juga sebagai pemjelas atas tata cara dan pembeda anara yg haq dan bathil. Wahai Tuhan kami, berkatilah kami di dalamnya dan bantulah kami dalammenunaikan puasa juga sholat di dalamnya. Terimalah amal-amal kami di dalamnya.”

3. Membaca do’a selesai sholat fardhu

Dalam kitab Balad al Amin dijelaskan, bahwasanya Rasulullah saw bersabda :
“Barang siapa membaca do’a berikut terhadap bln Ramadhan tiap-tiap selesai sholat fardhu, niscaya Allah memaafkan semua dosanya sampai hri kiamat.”


“ Ya Allah. Anugerahkanlah kebahagiaan terhadap para penghuni kubur. Ya Allah, berikanlah ketajiran pada seluruhnya orang fakir. Ya Allah, kenyangkanlah seluruh yg lapar. Ya Allah, berikanlah baju terhadap seluruh yg telanjang. Ya Allah, tunaikanlah hutang seluruh orang yg berhutang. Ya Allah, lapangkanlah yg kesulitan. Ya Allah, dekatkanlah tiap-tiap yg jauh. Ya Allah, bebaskanlah seluruhnya yg tertawan. Ya Allah, perbaikilah seluruh kerusakan dalam urusan kaum muslimin. Ya Allah, sembuhkanlah tiap-tiap yg sakit. Ya Allah, tutupilah kemiskinan kami dgn Kekayaan-Mu. Ya Allah, ubahlah keburukan kondisi kami dgn kebaikan Keadaan-Mu. Ya Allah, tunaikanlah utang-utang kami dan bebaskanlah kami dari kemiskinan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. 

4. Membaca do’a-do’a tengah malam Ramadhan
5. Memperbanyak membaca Al Qur’an.
6. Disunnahkan mandi kepada tiap-tiap tengah malam Ramadhan, khususnya di Akhir malamnya.
7. Berbuka dgn makanan yg halal.
8. Membaca do’a Al-Ma’tsur disaat berbuka.
9. Sunah mendahulukan Sholat Magrib sebelum berbuka puasa. Kecuali jika terdapat orang yg menunggu (untk makan dengan)
10. Berikan makan buat orang yg berbuka pada orang yg puasa.
11. Mengeluarkan shodaqah terhadap orang miskin disaat berbuka puasa.
12. Jalankan Sholat Sunat dua rakaat.
13. Melaksanakan Sholat Sunat 1000 rakaat selagi bln Ramadhan.
14. Membaca do’a pengampunan kepada tiap-tiap tengah malam Ramadhan.
15. Membaca do’a Iftitah terhadap tiap-tiap tengah malam Ramadhan.
16. Membaca do’a :

“ Ya Allah, sungguh aku memohon Kepada-Mu kepada ketentuan yg Engkau memastikan dan putuskan dengan cara bijak juga sebagai keputusan yg tak sanggup di mengganti dan ditukar oleh siapapun, biar Engkau catatkan daku termasuk juga orang yg berkesempatan menunaikan ibadah haji ke Baitullah Al-Haram beserta beberapa orang yg mabrur hajinya, di terima sai’nya, diampuni dosa-dosanya pula dihapus segala kesalahannya.Begitu juga, jadikanlah terhadap keputusan dan Ketetetapan-Mu, biar Engkau panjangkan usiaku dalam kebaikan dan kesehatan dan Engkau luaskan rizqiku. Begitu juga, jadikanlah daku tergolong beberapa orang yg membela Agama-Mu dan jangan Engkau jadikan daku sebaliknya.” ( Imam Ja’far Al-Shodiq as)

Itulah yang dapat Kami sampaikan mengenai bacaan doa dan adab menyambut bulan suci ramadhan sesuai sunnah, semoga dengan adanya artikl kami ini ada manfaatnya dan kita bisa lebih meningkatkan amal-amalan pada bulan suci ramadhan dengan harapan mendapatkan ridlo Alloh SWT.Amiiiin. Seperti sebelumnya kita berbagi kata kata ramadhan dalam penyambutan bulan suci ramadhan dengan harapan seperti itu semoga kita mendapatkan keberkahan.

Advertisement