-->

Cara Niat Bacaan Takbiran Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha

Cara Bacaan Niat Takbiran Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha - Sebetulnya tata cata pelaksanaan sholat sunnah lebaran itu sangatlah mudah, namun karena jarang di laksanakannya hanya dua kali dalam setahun yaitu idul adha dan idul fitri mungkin kita lupa lagi atas bacaan atau lafadz niat dan berapakali bacaan takbiran pada rakaat pertama dan kedua serta bacaan tasbihnya maka intuk itu kami di sini akan sedikit memberikan penjelasannya untuk imam dan makmum atau waktu sendirian lengkap dengan artinya.

Lebaran idul adha merupakan moment terbesar dan mempunya sejarah penting yang patut kita contoh dan laksanakan sampai sekarang yaitu atas Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail melaksanakan tugas yang sangat berat yaitu utuk di sembelih namun itu sebenarnya adalah merupakan ujian bagi Nabi Ibrahim AS dan Putranya karena ternyatan posisi Islamil di ganti dengan hewan qurban dari surga. Adapun waktu penyembelihan hewan qurban itu setelah kita melaksanakan sholat sunnah idul adha setelah terbitnya mata hari.

Untuk rangkain kegiatan pada waktu hari raya idul adha pertama kita secara berjamaah melaksanakan sholat sunnah dua rakaat dengan sholat idul adha, setelah itu imam naik mimbar untuk melaksanakan khutbah idul adha seperti khutbah jumat dengan syarat dan rukunnya, nah selesai itu baru kita berangkat ketempat penyembelihan hewan qurban untuk memotong qurban sesuai dengan ajaran syariat Nabi Ibrahim dan Ismail yang diteruskan dengan Syariat nabi Muhammad SAW demi mencapai fadhilah, hikmah serta keistimewaan dari pada melaksanakan qurban itu.

Cara Bacaan Niat Takbiran Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha

Adapun tata cara bacaan doa niat sholat idul adha karena mungkin kita lupa lagi atau masih belum faham betul, sebab dilaksanakannya setiap tahun sekali maka kami di sini akan menyajikan tata cara bacaan doa niat sholat idul adha secara lengkap dengan tulisan arab latin serta artinya sesuai dengan ajaran agama Islam seperti anda bisa lihat di bawah ini:

Lafadz Niat Sholat Ied 'Idul Adha'
Niat shalat Idul Adha sebagai imam

أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين إماما للة تعالي

Ushalli sunnatan li’idil adha rok'ataini imaman lillahi ta'ala
Artinya: Niat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat sebagai imam karena Allah.

Niat Shalat Idul Adha sebagai makmum

أصلي سنة عيد الأضحي ركعتين مأموما للة تعالي

Ushalli sunnatan li’idil adha rok'ataini makmuman lillahi ta'ala
Artinya: Niat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat sebagai makmum karena Allah

Adapun tata cara pelaksanaan sholat idiul adha

Sholat sunnah Idul Adha sama dengan cara sholat Idul Fitri terdiri dari 2 (dua) rokaat. Rokaat pertama diawali dengan takbirotul ihrom ditambah 7 (tujuh) kali takbir. Sedangkan rakaat kedua sebanyak 5 (lima) kali takbir. Setiap takbir saat shalat Idul Adha baik rakaat pertama atau kedua disunnahkan membaca tasbih yaitu

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Bahasa Indonesia: Subhanallah walhamdulillah walailaha illallah wallahu akbar
Artinya: Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Mahabesar

Untuk lebih jelasnya tata cara melaksanakan sholat Idul Adha, bisa anda ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Bacaan Rakaat pertama: ( Setelah niat )
(a) Baca takbirotul ihram (takbir permulaan shalat) dengan niat shalat idul adha.
(b) Membaca doa iftitah
(c) Membaca takbir 7 (tujuh) kali (selain takbirotul ihram) dilanjutkan membaca tasbih.
(d) Membaca Al-Fatihah
(d) Membaca surat Al-Quran

Bacaan Rakaat kedua:
(a) Membaca takbir 5 (lima) kali.
(b) Membaca Al-Fatihah
(c) Membaca surat Al-Quran.

Demikian yang dapat kami sampaikan tata cara niat, bacaan doa dan takbiran sholat Idul Adha dalam bahasa arab latin lengkap dengan artinya, begitu juga kami sajikan: Bacaan niat puasa arafah, niat puasa tarwiya, niat puasa senin kamis, niat puasa ramadhan, keutamaan dan hikmahnya qurban, hukum qurban dan aqiqah, ucapan lebaran, gambar DP BBM idul adha 2020, ucapan selamat tahun baru 1441 lucu gokil romantis buat pacar, ucapan tahun baru 2021 dan masih banyak lagi yang lainnya makanya terus saja update disini.Sekian dan terima kasih wassalam.

Advertisement